Rabu, 30 Agustus 2017

Jogja has a feeling too

Too many times, memories left in Jogja..
Sebenernya perjalanan kali ini ke Jogja bukan buat holide. Mungkin lebih tepatnya holide berkedok rapat ya.. Jadi aku berangkat ke Jogja Jumat minggu lalu naik kereta, turun di lempuyangan. Sedangkan desa wisata tempat aku rapat masih 1,5 - 2 jam dari kota. Desa Wisata Pentingsari di daerah Sleman Jogjakarta tempat aku menginap selama 2 malam. Desa wisata ini sebenernya ngga ada objek wisata khusus, mereka bener-bener mempergunakan adat istiadat serta budaya masyarakat, dari bertani, berkebun, bikin kerajinan tangan dan sebagainya. Dengan udara dingin, jauh dari kota, tempat ini cocok buat quick escape aka kabur dari realita. Desa yang jumlah penduduknya hanya 380 orang ini bener-bener damai kaya di dongeng-dongeng jaman dulu, kaya film legenda yang ada naga terbangnya, ngga deng ehe. Kebetulan aku tinggal di Homestay Seruni (rumah warga lokal) punya mbah adi, ini mashaAllah lah hospitality nya ngalahin hotel bintang 5. Aku yang gak punya desa, rasanya kaya mudik ke kampung halaman. Begitu nyampe di homestay jam 9 malem langsung di sambut sama istri mbah adi, welcome drink nya teh panass.. Beliau nanya dengan nada khawatir "Kok jam segini baru nyampe, pasti capek, sudah minum dulu terus beberes baru makan malam. Tadi ditungguin dari sore, maaf ya gorengannya sudah dingin"
Logat Jogja yang menyenangkan itu masih kental di lidah istri mbah Adi.
Serangkaian RAPIMNAS (Rapat Pimpinan Nasional) Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia selesai minggu pagi. Kami perwakilan dari kampus harus balik hari itu juga karena ngejar perkuliahan hari Senin. Dibantu temen-temen panitia Jogja kami diantar naik motor ke jalan raya Kaliurang dan disarankan pesan ojek online karena memang jaraaaang banget ada kendaraan umum. Tapi namanya mahasiswa kritis hehe, kami ingin membuktikan bahwa desa ini ga seterpencil itu. Kami mampir ke burjo (warkop ala jogja) buat sekedar basa basi beli es teh sambil nanya ada atau engga bis kota lewat. Daaaannn, iya. Emang ga ada. Kami masih terus berjuang nihh, kami jalan kaki ke arah kota sambil nunggu bis lewat. Nihil. Kurang lebih 1km jalan kaki akhirnya nyerah, kami pesen grabCar buat ke daerah kampus UGM. Mumpung di Jogja dong, aku gamau membuang kesempatan holide berkedok ini hehehe. Kami naik trans jogja yang super nyaman dan murah buat ke Taman Sari Water Castle. Baidewei, one thing about transjogja is lovely! Yaahh kampungan dikit, aku suka naik kendaraan umum dalam kota sebenernya. Tapi karena di Surabaya belum ada kendaraan umum yang nyaman jadi aku jarang banget naik kendaraan umum disini, mungkin terakhir naik angkot waktu SMP.

Eh bapak ngeliatin apa pak?

Disisi lain kita mengurangi polusi udara, kita juga mulai menerapkan gaya hidup sehat. Jalan kaki ke pengkolan. Hitungannya tiap pagi mau berangkat berkegiatan jalan kaki dari rumah ke tempat nyetop angkot, entar sorenya pulang juga jalan dari turun angkot nyampe rumah. Terus meningkatkan kepekaan sosial secara tidak langsung, kita jadi mengenal lebih dekat kan lingkungan sekitar. Kaya waktu di Jogja, setiap di halte aku selalu ngobrol sama penjaga haltenya entah itu nanya rute, nanya apa aja yang bisa ditanya. Kali aja beliau punya anak cakep kan lumayan huehuehue. Oke lanjut.. Nyampe di Terminal Ngabean udah terlalu sore, sedangkan Taman Sari sudah tutup. Kami jalan kaki lagi tanpa arah bingung mau kemana. Ternyata kaki ini membawa kami ke Keraton Jogja yang kebetulan lagi ada Geladi Resik grebeg Idul adha. Waah, favourite saya nih nontonin prajurit baris berbaris bawa bambu dan pedang sambil pake jarit dan blangkon Jogja.


Ngga habis disitu, kami ke cafe di pengkolan Jl. Bumijo kalo ngga salah namanya kafeo brewery tempatnya cocoookk banget buat nyore (nyore adalah kegiatan menghabiskan sore sambil menikmati kopi susu nikmat dan masmas gondrong (kalo ada) yang kadang suka bikin ketagihan). Kami nyore sampe kelewat sore hahaha, jam setengah 8 kami jalan kaki lagi nyari halte trans jogja buat ke Terminal Giwangan. Akhirnya jam 9 malam kami sudah dapet bis ekonomi menuju Surabaya. Perjalanan kali ini bergenre backpacker. Kurang lebih itu kronologi mini trip kali ini. Apa cerita di luar itu?


Well, aku ngerasain langit Jogja memang beda, banyak bintang. Aku ngerasain lucunya turis-turis lokal naik becak menikmati jogja sambil pake sunglasses, yang aku tau pasti di luar jogja dia adalah karyawan, budak kapitalis, patuh sama sistem. Atau pengamen-pengamen Jogja yang kayanya ngerti banget kalo Jogja itu istimewa. Buat aku, Jogja selalu berperan sebagai penenang entah itu masalah hati, masalah kuliah atau masalah kerjaan. Jogja itu melankolis. Hujan di jogja membawa elegi. Jogja itu naif. Terakhir ke Jogja, aku berusaha sembuh dari patah hati. Hahaha, iya patah hati. Sekarang kalo ke Jogja gapernah berhenti tersenyum, keinget patah hati yang dulu I was so naive, I was so immature, I was so silly. Belum sadar kalo sedih sebenernya bisa dinikmatin juga. Ga ada banyak foto di postingan kali ini, ga sempet. Mata terlalu sibuk menelanjangi Jogja. Terlalu sibuk mendamaikan hati buat sekedar apdet di sosial media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Segala Diantaranya

Waw, 2019 being quite hectic years ya.. a lot of things happened, people come and go.  Dari terakhir aku nulis di blog itu banyak banget...